Saturday, October 20

yang harus diperhatikan ketika membuat dokument baru


بسم الله الرّحمن الرّحيم
Assalamau’alaikum wr.wb.
Bagaimana kabarnya sobat cuj hari ini..? semoga dalam keadaan sehat walafiat. Amien…
Setelah dipertemuan yang lalu kita berkenalan dengan beberapa keluarga Mr. photoshop. Pada kesempatan kali ini, uj akan mulai membahas cara membuat dokumen baru di photoshop.
Ada beberapa hal yang harus di perhatikan ketika sobat cuj akan membuat dokumen baru, supaya hasil akhir sesuai dengan keinginan sobat cuj. dan terkadang hal ini terlewatkan dari pantawan. maka dari itu silahkan perhatikan hal-hal berikut ini.
1.    Buka photoshop kesayangan sobat cuj kemudian klik Ctrl+N. maka akan tampil layar seperti ini
 yang harus diperhatikan ketika membuat dokument baru
2.    Ketik nama yang diinginkan pada kolom Name. ini nantinya akan menjadi nama dokumen sobat cuj
3.    Klik pada kolom preset. Jika sobat menginginkan size kertas yang sudah umum, seperti size letter, legal dan tabloid ada pada present U.S. Paper. Size A6, A5, A4, A3, B5, B4, B3 dll ada pada present international paper dll. Tetapi jika sobat ingin menentukan size sendiri sobat tinggal menuliskannya pada kolom width (lebar) height (tinggi). Kemudian di kolom kanannya ada jenis ukuran seperti pixel, inchi, cm, mm dll
4.    Pada kolom resolutions ini adalah kolom yang cukup menentukan gambar yang kita hasilnya pecah atau tidak. (sudah di bahas pada perkenalan photoshop). Seperti yang uj katakana pada posting di atas untuk kartu nama resolusinya 2000 pixel/inchi sedangkan A4 300 pixcel/inchi yang lainnya di sesuaikan saja.
5.    Color mode ini juga perlu diperhatikan. Jika sobat cuj menginginkan gambar hasil editannya diprint, silahkan dunakan mode CMYK color, karena kebanyakan mesin printer menggunakan warna CMYK. Tetapi jika gambarnya hanya akan dipasang di computer atau di internet, selahkan gunakan mode RGB color, karena warnanya yang lebih keren. Heheee. Jika sobat ingin hitam putih pake mode Grarscale, maka semua gambar yang dimasukan pada dokumen yang menggunakan mode ini akan berubah menjadi hitam putih.
6.    Kolom yang lainnya dicoba sendiri ajalah. Karena menurut uj itu tidak terlalu penting-penting amat.
7.    Setelah semuanya telah diatur sesuai kebutuhan klik Ok. Dan jadilah sebuah dokumen baru yang siap untuk ditaburi seni-seni yang sobat cuj miliki.
Nah segitu dulu yah sobat cuj pelajaran kita kali ini, pada kesempatan mendatang kita teruskan lagi. Sealamat mencoba.
Wassalam
uj
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

================================================== Selamat Datang di CujBlog.blogspot.com ==========================================Back to Top